• logo nu online
Home Warta Nasional Jakarta Raya Dari Betawi Keislaman Sejarah Opini Literatur Obituari
Selasa, 29 November 2022

Jakarta Raya

RMINU Jakarta Gelar ‘Skytren’ Perdana di Pesantren Asshiddiqiyah

RMINU Jakarta Gelar ‘Skytren’ Perdana di Pesantren Asshiddiqiyah
Foto bersama usai melangsungkan kegiatan Skytren di Pesantren Asshiddiqiyah. Foto: RMINU DKI Jakarta
Foto bersama usai melangsungkan kegiatan Skytren di Pesantren Asshiddiqiyah. Foto: RMINU DKI Jakarta

Jakarta Barat, NU Online Jakarta

 

Masih berlakunya PPKM Level 1 di hampir seluruh wilayah di Indonesia, termasuk DKI Jakarta, membuat Pengurus Wilayah (PW) Asosiasi Pesantren NU/Rabithah Ma`ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU) DKI Jakarta leluasa untuk menjalankan rencana-rencana program dan kegiatannya di bulan Juni 2022 ini. 


Salah satunya, RMINU Jakarta menggelar kegiatan Sowan Kyai dan Pesantren (Skytren) yang dilakukan untuk pertama kalinya atau perdana di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah, Jl Panjang Nomor 6C, Kedoya Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, pada Ahad (12/06/2022).


“Kegiatan Skytren sudah lama direncanakan, bahkan sebelum saya menjabat sebagai ketua RMINU DKI Jakarta. Tapi karena adanya masa pandemi, baru terlaksana hari ini. Alhamdulillaah, KH Ahmad Mahrus Iskandar atau Gus Mahrus, sebagai Pengasuh Pesantren Asshiddiqiyah, mau menerima kami dan bersedia pesantrennya menjadi tempat perdana dilaksanakannya Skytren,” ujar Ketua RMINU Jakarta KH Rakhmad Zailani Kiki.


Lebih lanjut, Kiai Kiki menyatakan bahwa kegiatan Skytren yang didukung oleh Bank DKI Syariah ini bertujuan untuk mendapatkan arahan, bimbingan, dan masukan dari para pengasuh pondok pesantren berkultur NU di wilayah DKI Jakarta yang merupakan salah satu share holder sekaligus stake holder utama dari PW RMINU DKI Jakarta.


“Arahan, bimbingan dan masukan para pengasuh pondok pesantren sangat penting bagi PW RMINU DKI Jakarta agar manfaat program dan kegiatan yang direncanakan atau dilaksanakan betul-betul tepat sasaran dan maksimal untuk pondok pesantren,” ujar Kiai Kiki.


Sementara itu, Pengasuh Pesantren Asshiddiqiyah Jakarta KH Ahmad Mahrus Iskandar atau Gus Mahrus mengatakan bahwa kegiatan Skytren seharusnya tidak hanya mendatangi pengasuh, tetapi juga harus menyambangi santrinya. 


“Di Skytren, selain ke pengasuh, Pengurus RMINU DKI Jakarta juga perlu mendatangi para santri dengan mengadakan acara seperti memberikan tausiyah yang bermanfaat bagi para santri yang pesantrennya dikunjungi. Skytren juga dapat menjadi sarana untuk riset pondok pesantren yang dikunjungi untuk kepentingan RMINU DKI Jakarta. Sebab setiap pondok pesantren memiliki kekhasan masing-masing,” ujar Gus Mahrus.


Pada Skytren perdana ini, Pesantren Asshiddiqiyah bersedia untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Pelatihan Manajemen Pondok Pesantren se-DKI Jakarta dari PW RMINU DKI Jakarta yang akan dilaksanakan pada Kamis, 30 Juni 2022 mendatang.

 

Pewarta: RMINU DKI Jakarta
Editor: Aru Elgete
 


Editor:

Jakarta Raya Terbaru