• logo nu online
Home Warta Nasional Jakarta Raya Dari Betawi Keislaman Sejarah Opini Literatur Obituari
Selasa, 31 Januari 2023

Jakarta Raya

Gandeng Geopelajar.id, PAC GP Ansor Cilincing Gelar Pelatihan Jurnalistik

Gandeng Geopelajar.id, PAC GP Ansor Cilincing Gelar Pelatihan Jurnalistik
Pelatihan jurnalistik GP Ansor Cilincing dan geopelajar.id di Pondok Pesantren As-Sholihin Al-Abror, Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Ahad (20/11/22).
Pelatihan jurnalistik GP Ansor Cilincing dan geopelajar.id di Pondok Pesantren As-Sholihin Al-Abror, Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Ahad (20/11/22).

Jakarta Utara, NU Online Jakarta

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Cilincing dan geopelajar.id menyelenggarakan pelatihan jurnalistik di Pondok Pesantren As-Sholihin Al-Abror, Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Ahad (20/11/22).


Kader Ansor dan Banser Cilincing dilatih bagaimana memproduksi dan menyebarluaskan berita atau informasi melalui media massa secara baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalisme.


Sekertaris PAC GP Ansor Kecamatan Cilincing Muhammad Tohir menilai kegiatan ini penting diselenggarakan sebagai pegangan para pemuda Ansor untuk mengetahui arus informasi yang berkembang saat ini, terlebih maraknya informasi hoaks yang bertebaran di media sosial.


“Kader-kader Ansor saat ini harus mendalami jurnalistik agar bisa mengampanyekan informasi-informasi yang benar dan jujur juga bisa lebih meluaskan dakwah-dakwah NU di media massa,” ujar Thohir.


Sementara itu, Pengajar Pondok Pesantren Ash-Sholihin Al-Abror Ustadz Bagas Mulyanto berharap para kader Ansor dapat menjadikan kegiatan ini sebagai tolok ukur dalam membuka pengetahuan dan wawasan baru dalam penulisan berita, khususnya dalam menyampaikan konten-konten keansoran kepada publik.


“Semoga kader Ansor memiliki kemampuan menyampaikan informasi kepada publik seluruh kegiatan-kegiatan Ansor sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik,” harapnya.


Acara dibuka secara langsung oleh Herly Ramadhani selaku Direktur geopelajar.id. Ia mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk membekali anak-anak muda dengan pengetahuan dan skill di bidang jurnalistik. 


geopelajar.id sebagai media publikasi yang memiliki misi untuk mewadahi bakat minat pemuda di bidang jurnalistik,” katanya.


Dalam kesempatan itu, melalui pelatihan ini, Herly mendorong kader Ansor untuk meningkatkan daya berpikir kritis dan kepekaan sosial yang tinggi terutama dalam hal jurnalistik. Pemuda harus peduli terhadap literasi untuk kemajuan dan peradaban bangsa.


“Apalagi dalam menyambut bonus demografi ini di mana angka generasi muda akan mencapai puncaknya maka dalam hal ini akan memegang peranan penting terhadap pembangunan bangsa Indonesia,” jelasnya.


Salah satu peserta pelatihan, Bagus Pribady, merasa senang dan beruntung telah mengikuti pelatihan tersebut. Menurutnya, pelatihan jurnalistik itu banyak memberikan manfaat bagi dirinya dan peserta lain.


“Banyak hal yang saya peroleh dari pelatihan ini, terutama bagaimana cara menulis berita yang baik,” katanya usai mengikuti pelatihan jurnalistik ini.


Bagus mengatakan, pelatihan ini menjadi motivasi bagi dirinya untuk istiqamah dalam menyampaikan syiar dakwah Ansor dan NU. “Insya Allah ini terus menjadi penyemangat dan motivasi bagi saya untuk menebar syiar Ansor dan NU melalui media massa,” tutupnya.


Kontributor: Eki

Editor: Alhafiz Kurniawan


Jakarta Raya Terbaru