• logo nu online
Home Warta Nasional Jakarta Raya Dari Betawi Keislaman Sejarah Opini Literatur Obituari
Rabu, 28 September 2022

Jakarta Raya

Kembangkan Kreativitas Jadi Peluang Usaha, Kopri Jakbar dan Rumah BUMN Gelar Pelatihan Batik Shibori

Kembangkan Kreativitas Jadi Peluang Usaha, Kopri Jakbar dan Rumah BUMN Gelar Pelatihan Batik Shibori
Kopri Jakarta Barat usai menggelar pelatihan batik Shibori bersama Rumah BUMN Jakarta. Foto: istimewa
Kopri Jakarta Barat usai menggelar pelatihan batik Shibori bersama Rumah BUMN Jakarta. Foto: istimewa

Jakarta Barat, NU Online Jakarta

 

Korps Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Puteri (Kopri) cabang Jakarta Barat bersama Rumah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Jakarta menggelar pelatihan batik Shibori. Pelatihan ini diikuti oleh anggota Kopri serta beberapa masyarakat umum di Majelis Ta'lim Darussalikin, Bulak, Kapuk, Cengkareng, pada Ahad (11/9/2022). 


Shibori merupakan model batik dengan ciri khas lipatan akordeon, dililit dan diikat kuat kemudian dicelup. Batik ini sedikit mirip dengan tie-dye, tetapi sebenarnya berbeda. Sebab Shibori lebih menggunakan warna-warna yang berasal dari bahan alami lalu dimanfaatkan untuk memberi warna pada kain dengan warna yang timbul di antaranya biru tua, ungu, merah, dan coklat.


Dengan teknik pengerjaan yang tidak rumit, menjadikan batik Shibori sangat berpeluang untuk dipelajari semua orang. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada peserta pelatihan untuk mempelajari ilmu membatik yang kemudian bisa dipraktikkan. Lalu dijadikan sebagai bahan komersil sehingga memberikan peluang usaha.


Hal tersebut sebagaimana yang diungkapkan oleh Ketua Kopri Jakarta Barat Anis Tsania Annisa Zein’s. Ia berharap kepada seluruh peserta, baik anggota Kopri maupun masyarakat secara umum, agar dapat mengembangkan ilmu dan kreativitas yang didapatkan dalam pelatihan tersebut sehingga bisa menghasilkan peluang usaha dan mandiri secara ekonomi. 


“Harapannya, peserta yang mengikuti acara tersebut dapat mengembangkan ilmu yang sudah didapatkan dan ke depan kader Kopri harus memiliki karya agar menjadi perempuan yang juga mampu mandiri secara ekonomi,” ungkap Anis dalam sambutannya, dikutip NU Online Jakarta.


Sementara itu, hal senada juga diungkapkan oleh perwakilan dari pihak Rumah BUMN Jakarta Agung Nugraha. Ia mengatakan, Rumah BUMN Jakarta memiliki fokus untuk melakukan pemberdayaan kepada masyarakat melalui Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM). Tujuannya agar masyarakat memiliki banyak keterampilan. Agung kemudian menyampaikan harapan-harapan dari terselenggaranya pelatihan yang digelar bersama Kopri Jakarta Barat itu. 


“Rumah BUMN Jakarta sebagai lembaga yang mempunyai konsentrasi terhadap pemberdayaan UMKM berharap kegiatan pelatihan yang diselenggarakan dapat menciptakan skill (keterampilan) baru bagi masyarakat dengan harapan dapat menjadi salah satu peluang usaha serta meningkatkan taraf hidup masyarakat,” ucap Agung Nugraha.


Kontributor: Rana Octavia
Editor: Aru Elgete


Editor:

Jakarta Raya Terbaru