• logo nu online
Home Warta Nasional Jakarta Raya Dari Betawi Keislaman Sejarah Opini Literatur Obituari
Selasa, 29 November 2022

Jakarta Raya

Kawal Anak-Anak Peduli Literasi, IPNU IPPNU Jakarta Utara Buka Taman Baca Progresif

Kawal Anak-Anak Peduli Literasi, IPNU IPPNU Jakarta Utara Buka Taman Baca Progresif
Berpose bersama anak-anak di Taman Baca Keliling Progresif. Foto: istimewa
Berpose bersama anak-anak di Taman Baca Keliling Progresif. Foto: istimewa

Jakarta Utara, NU Online Jakarta

 

Setelah dua bulan berlangsung, Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jakarta Utara kembali membuka taman baca progresif pada Sabtu, 11 Juni 2022 di Pademangan, Jakarta Utara. Kegiatan ini diikuti anak-anak yang terhimpun dalam pengajian di bawah naungan Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah Jakarta Utara.


Ketua IPPNU Jakarta Utara, Lailatul Qomariyyah mengatakan bahwa, kegiatan ini merupakan salah satu langkah yang dilakukan IPNU IPPNU Jakarta Utara untuk mengenalkan anak usia dini pada literasi. 


“Ini salah satu langkah kami (IPNU IPPNU Jakarta Utara) untuk mengawal anak-anak supaya peduli terhadap literasi,” ucap perempuan yang akrab disapa Layla ini saat dihubungi melalui pesan singkat, pada Senin (13/6/22).


Selain itu Layla menjelaskan, kegiatan yang dilakukan setiap akhir pekan di awal bulan ini dimulai dengan penjelasan secara menarik kepada anak-anak tentang pentingnya membaca. Lalu anak anak dipandu untuk mengikuti sesi monitoring kegiatan ini. Dalam sesi ini, anak-anak diajak untuk membaca buku yang sudah disediakan dalam waktu 30 menit.


Setelah sesi membaca, Layla mengungkapkan, banyak pertanyaan yang mulai muncul dari anak-anak. “Setelah baca biasanya suka mulai banyak pertanyaan, mungkin karena menemukan sesuatu yang baru dari buku,” ungkap Layla.


Disela-sela kegiatan membaca, anak-anak juga diberikan susu untuk menemani mereka selama sesi ini berlangsung, tujuannya supaya anak-anak tidak cepat merasa bosan.


Kemudian anak-anak diajak untuk bermain game yang berkaitan dengan buku yang mereka baca, hal ini ditujukan supaya anak-anak merasa bahwa kegiatan membaca cukup menyenangkan. 


Di akhir kegiatan IPNU IPPNU Jakarta Utara menyediakan doorprize untuk anak-anak yang memiliki keberanian untuk membagikan kesan selama kegiatan serta hal-hal apa saja yang dibaca hari ini di depan forum, hal ini dilakukan untuk melatih keberanian dan rasa percaya diri anak-anak.


Kegiatan ini dilaksanakan secara bergilir di setiap kecamatan di Jakarta Utara, Layla menyebutkan, salah satu tujuannya supaya peran IPNU IPPNU Jakarta Utara dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat di Jakarta Utara.


Pewarta: Widya Islamiati
Editor: Aru Elgete


Editor:

Jakarta Raya Terbaru