• logo nu online
Home Warta Nasional Tafsir Jakarta Raya Hadits Dari Betawi Keislaman Sejarah Opini Literatur Obituari Literasi
Rabu, 17 Agustus 2022

Nasional

Tokoh Ulama Nasional KH Ali Yafie Sebut Dua Tips Umur Panjang dan Sehat 

Tokoh Ulama Nasional KH Ali Yafie Sebut Dua Tips Umur Panjang dan Sehat 
KH Ali Yafie menerima kunjungan silaturahim sejumlah pengurus NU di Jakarta di kediamannya, Bintaro, Jakarta Selatan, Jumat (24/6/2022) siang.
KH Ali Yafie menerima kunjungan silaturahim sejumlah pengurus NU di Jakarta di kediamannya, Bintaro, Jakarta Selatan, Jumat (24/6/2022) siang.

Jakarta Selatan, NU Online Jakarta

Rais Aam PBNU 1991-1992 dan Ketua Umum MUI di zamannya KH Ali Yafie kini menginjak usia 96 tahun dan sehat wal afiat. Kiai Ali Yafie yang tidak pernah meninggalkan aktivitas membaca karena perintah Surat Al-Alaq itu menyebutkan rahasia umur panjang dan sehat.


Demikian disampaikan guru besar dalam bidang fiqih asal Donggala, Sulawesi Selatan, KH Ali Yafie di hadapan sejumlah pengurus NU di Jakarta yang mengunjunginya di kediamannya, Bintaro, Jakarta Selatan, Jumat (24/6/2022) siang.


“Rahasia umur panjang hanya dua. Pertama jangan marah, dan yang kedua senantiasa tersenyum, tapi ingat jangan senyum sendirian nanti menimbulkan perspektif yang berbeda,” kata Kiai Ali Yafie disambut gelak tawa dari para tamu yang hadir.


Kiai penggemar Kitab Al-Majmu An-Nawawi yang menawarkan kaya dan ragam pandangan fiqih berpesan kepada segenap generasi muda agar senantiasa menjaga tali silaturahim yang merupakan intisari dari ajaran Islam.


Kiai Ali Yafie mengijazahkan Surat Al-Insyirah kepada para tamunya dalam menghadapi kesulitan hidup untuk mmperbanyak membaca Surat Al-Insyirah minimal 3 kali setiap selesai menjalankan shalat fardhu.


Tak ayal ijazah tersebut langsung disambut dengan kalimat “Qabiltu” oleh Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Makasar, Jakarta Timur, Syafruddin Mahud yang pernah mengeyam pendidikan sebagai santri di Pondok Pesantren Tebuireng.


Tampak Hadir dalam kunjungan tersebut Ketua MWCNU Makasar Jakarta Timur Syafruddin Mahud, Wakil Katib Syuriyah PWNU DKI Jakarta KH Sholeh Asri, Sekertaris Umum Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa Huraera, dan Komisaris Bank Syariah Indonesia (BSI) Arif Rasyid.


Pewarta: Alhafiz Kurniawan

Editor: Aru Lego Triono


Nasional Terbaru