• logo nu online
Home Warta Nasional Jakarta Raya Dari Betawi Keislaman Sejarah Opini Literatur Obituari
Jumat, 19 April 2024

Jakarta Raya

Kaleidoskop 2023: Di Momen 1 Abad NU, PWNU DKI Jakarta Ajak Ratusan Ribu Nahdliyin ke Sidoarjo

Kaleidoskop 2023: Di Momen 1 Abad NU, PWNU DKI Jakarta Ajak Ratusan Ribu Nahdliyin ke Sidoarjo
Logo Satu Abad NU (Foto: Istimewa).
Logo Satu Abad NU (Foto: Istimewa).

Jakarta Timur, NU Online Jakarta 


Momentum bersejarah, peringatan 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) pada 7 Februari 2023, menjadi momen penting yang diisi dengan kegiatan bermakna oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta. Dalam rangka memperingati seabad perjalanan panjang NU, PWNU DKI Jakarta turut hadir dalam acara tersebut dengan mengajak ratusan ribu kadernya ke Sidoarjo, Jawa Timur.


Sebelumnya, rombongan melakukan perjalanan ziarah dimulai dengan mengunjungi makam KH Abdul Wahab Chasbullah di Pondok Pesantren (Ponpes) Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang, Jawa Timur, pada Senin (6/2/2023) dari pukul 09.00-13.00 WIB. Tak lama setelah itu, rombongan melanjutkan ziarah ke makam KH Bisri Syansuri di Ponpes Mamba’ul Ma’arif Denanyar, Jombang, Jatim, pada pukul 14.00-16.00 WIB.


Menutup rangkaian ziarah dengan penuh khidmat, rombongan PWNU DKI Jakarta melanjutkan perjalanan menuju makam Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari di Ponpes Tebuireng Jombang. Di sana, mereka tidak hanya berziarah tetapi juga menginap di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Tebuireng Jombang, sebagai wujud kebersamaan yang kuat.


Perjalanan berlanjut dengan menghadiri Resepsi 1 Abad NU di Stadion Delta Sidoarjo, Jawa Timur, pada Selasa (7/2/2023). Puncak resepsi ini, dihadiri oleh lebih dari satu juta jamaah dari seluruh penjuru Indonesia, berlangsung selama 24 jam nonstop. Dimulai dengan ritual keagamaan seperti qiyamul lail, pembacaan Manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jailani, Ratib al-Attas, Asmaul Husna, ijazah kubra, hingga shalat berjamaah dan shalawat bersama Habib Syekh.


Pada pagi harinya, sekitar pukul 07.00 WIB, acara formal puncak resepsi dimulai dengan istighosah kubro, pidato, dan pembacaan rekomendasi Muktamar Internasional Fiqih Peradaban yang diserahkan Gus Yahya kepada Presiden Joko Widodo. Kegiatan ini juga melibatkan kegiatan siang hingga sore seperti Karnaval Nusantara dan Nahdlatut Tujjar Fest.


Perayaan 1 Abad NU tidak hanya sebagai peringatan bersejarah, tetapi juga sebagai momentum penyatuan dan penguatan semangat kebersamaan bagi keluarga besar Nahdlatul Ulama. PWNU DKI Jakarta turut andil dengan kehadiran memukau, menjadikan peringatan ini sebagai kontribusi nyata dalam memperkuat ikatan kekeluargaan dan dedikasi terhadap peradaban NU yang telah berusia seratus tahun.


Pewarta: Haekal Attar
Editor: Aru Elgete


Editor:

Jakarta Raya Terbaru