• logo nu online
Home Warta Nasional Jakarta Raya Dari Betawi Keislaman Sejarah Opini Literatur Obituari
Selasa, 31 Januari 2023

Jakarta Raya

Wakil Ketua PCNU Jakpus Sebut Tiga Jenis Khidmah di NU

Wakil Ketua PCNU Jakpus Sebut Tiga Jenis Khidmah di NU
Wakil Ketua PCNU Jakarta Pusat menyampaikan tiga jenis khidmah di NU sesuai dengan kemampuannya.
Wakil Ketua PCNU Jakarta Pusat menyampaikan tiga jenis khidmah di NU sesuai dengan kemampuannya.

Jakarta Pusat, NU Online Jakarta

Wakil Ketua PCNU Jakarta Pusat Ustadz Warnadi menyamaikan amanat keorganisasian dalam acara Penguatan Kelembagaan dan Peningkatan Kapasitas Pengurus di Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Ahad (16/10/2022). Ia menyebut tiga cara yang dapat ditempuh masyarakat dalam berkhidmah di NU.


“Aktif berkhidmah di Nahdlatul Ulama bisa dilakukan dengan tiga cara, karena khidmah juga diartikan dengan sedekah. Hal ini berdasarkan hadits nabi Muhammad SAW yang berbunyi ‘Barang siapa memiliki harta, maka bersedekahlah dengan hartanya, barang siapa memiliki ilmu maka bersedekahlah dengan ilmunya, dan barang siapa memiliki kekuatan tenaga maka bersedekahlah dengan kekuatan tenaganya,’” kata Ustadz Warnadi.


Ustadz Warnadi menjelaskan berkhidmah di NU dapat diwujudkan sesuai hadits yang disebutkan, “Jika kita punya harta, mari kita berkhidmah dan sisihkan harta kita untuk menyukseskan kegiatan-kegiatan NU.


“Harta kita sedikit, pas-pasan dan kita punya ilmu, bisa kita berkhidmah dengan ilmu kita dan kita sebarkan ke pengurus NU lainnya. Jika harta kita sedikit dan ilmu juga pas-pasan, bisa kita berkhidmah dengan tenaga kekuatan dalam diri kita,” jelasnya.


Ketua Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kota Jakarta Pusat ini menambahkan, menurutnya tidak ada alasan lagi khususnya para pengurus untuk tidak aktif berkhidmah di NU


“Yang utama niat yang kuat untuk aktif, selanjutnya sebagai pengurus harus bisa membagi waktu antara bekerja, keluarga dan aktif khidmah di NU,” tambahnya.


Acara ini dihadiri oleh Rais Syuriyah PCNU Jakarta Pusat KH Ahmad Saman, Wakil Ketua PCNU Jakarta Pusat Ustadz Subhan Salim, Sekretaris PCNU Jakarta Pusat Ustadz Fuad Cholil, Bendahara PCNU Jakarta Pusat Ustadz Rifqi Fuadi, Camat Sawah Besar, Rais Syuriyah MWCNU Sawah Besar KH Misbahul Falah, Ketua MWCNU Sawah Besar Ustadz Ihsan, Rais dan Ketua Ranting se-Kecamatan Sawah Besar, dan badan otonom se-Kecamatan Sawah Besar.


Kontributor: Farhan Maksudi

Editor: Alhafiz Kurniawan


Jakarta Raya Terbaru