• logo nu online
Home Warta Nasional Jakarta Raya Dari Betawi Keislaman Sejarah Opini Literatur Obituari
Senin, 6 Mei 2024

Nasional

2.500 Anak Yatim Jakarta Terima Bantuan

2.500 Anak Yatim Jakarta Terima Bantuan

Jakarta, NU Online
Badan Amil Zakat, Infak, dan Sedekah (Bazis) Jakarta Timur memberikan bantuan kepada 2.500 anak yatim di wilayah tersebut. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan biaya kebutuhan hidup ribuan anak yatim tersebut. Setiap anak yatim mendapatkan bantuan sebesar Rp 150 ribu. Bantuan diserahkan di Gedung Serba Guna Blok C Kantor Walikota Jakarta Timur, Kamis (27/10).<>

Selain bantuan untuk anak yatim, Kantor Bazis Jaktim juga memberikan bantuan kepada 45 lembaga keagamaan dan 12 set keranda jenazah untuk mushola. 

Total bantuan yang disalurkan mencapai Rp 710 juta. Rinciannya, untuk anak-anak yatim sebesar Rp 375 juta, lembaga keagamaan Rp 242 juta, dan pembelian keranda Rp 93 juta. Bantuan yang disalurkan itu berasal dari hasil pengumpulan ZIS tahun 2010. 

“Seluruh anak yatim yang mendapatkan bantuan merupakan usulan dari para kepala sekolah, yang diajukan melalui Kasie Dikdas kecamatan masing-masing,” kata Chaerudin Hasan, Kepala Kantor Bazis Jakarta Timur, Kamis (27/10).

Kegiatan ini, kata Chaerudin, diharapkan juga dapat menggugah kesadaran orang-orang mampu untuk menyisihkan sebagian hartanya bagi keluarga miskin.  

Sebelumnya, Bazis Jakarta Timur juga menyalurkan bantuan seragam sekolah bagi anak-anak miskin. Masing-masing 1.686 seragam SD dan 1.060 SMP. Total nilai yang disalurkan itu mencapai Rp 951 juta. 

Kepala Bazis DKI Jakarta, Ale Abdullah, mengatakan, masyarakat maupun PNS di Jakarta Timur hendaknya terus meningkatkan zakat, infak, dan sedekahnya dan disalurkan melalui lembaga resmi seperti Bazis.

Sebab, sampai kapanpun zakat selalu dibutuhkan oleh masyarkaat tidak mampu, untuk pembangunan masjid, beasiswa, dan kegiatan sosial lainnya. 

“Mari kita sama-sama berlomba kebajikan demi membantu saudara-saudara kita yang tidak mampu," katanya.  


Redaktur : Syaifullah Amin


Editor:

Nasional Terbaru