• logo nu online
Home Warta Nasional Jakarta Raya Dari Betawi Keislaman Sejarah Opini Literatur Obituari
Jumat, 19 April 2024

Jakarta Raya

PWNU Jakarta Sosialisasikan Hasil Konbes NU 2024, Ini Pemaparannya

PWNU Jakarta Sosialisasikan Hasil Konbes NU 2024, Ini Pemaparannya
Sosialisasi hasil Konferensi Besar PBNU 2024 oleh Ketua PBNU KH Miftah Faqih bersama seluruh Pengurus NU se-DKI Jakarta. (Foto: NU Online Jakarta/Putra).
Sosialisasi hasil Konferensi Besar PBNU 2024 oleh Ketua PBNU KH Miftah Faqih bersama seluruh Pengurus NU se-DKI Jakarta. (Foto: NU Online Jakarta/Putra).

Jakarta, NU Online Jakarta

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta menggelar sosialisasi hasil Konferensi Besar Pengurus Besar (PBNU) 2024 di Yogyakarta di Hotel Melia Purosari, Yogyakarta, pada Selasa (30/1/2024).


Melalui rapat pleno yang dipimpin langsung oleh Ketua PWNU DKI Jakarta KH Samsul Ma'arif, Ketua PBNU KH Miftah Faqih memaparkan hasil-hasil Konbes NU 2024. Acara tersebut digelar di Roemah Djan, Talang, Menteng, Jakarta Pusat, pada Kamis (22/2/2024) lalu.


Terkait implementasi hasil Konbes NU tahun 2024, Kiai Samsul menerangkan bahwa PWNU DKI Jakarta akan membentuk Tim Verifikasi dan observasi untuk MWC NU se-DKI Jakarta dan akan melaksanakan verifikasi pada bulan Mei 2024. Hal ini sekaligus mengecek persiapan PCNU yang akan menyelenggarakan Konferensi Cabang (Konfercab) pada tahun 2024-2025 ini.


“Untuk mengefektifkan kegiatan ini, PWNU akan mengevaluasi dan merubah susunan Koordinator Wilayah (Korwil) masing-masing cabang agar bisa lebih efektif dan efisien,” kata Kiai Samsul.


Hasil Konbes NU 2024

Melansir NU Online, Konbes NU 2024 berhasil menyetujui sejumlah Peraturan Perkumpulan (Perkum) baru dan melakukan revisi terhadap beberapa yang sudah ada. Langkah ini merupakan bagian dari upaya NU untuk meningkatkan efektivitas dan pelayanan organisasi kepada masyarakat.


"Dua Konbes sebelumnya menyusun bangunan dari keseluruhan desain. Khusus dalam Konbes ini, kita menyelesaikan elemen yang pertama untuk meningkatkan kinerja organisasi di dalam melaksanakan mekanisme-mekanisme yang tadi kita tularkan dalam perkumpulan keorganisasian," kata KH Yahya Cholil Staquf, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), saat Penutupan Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama di Hotel Melia Purosari, Yogyakarta, pada Selasa (30/1/2024).


Lebih lanjut, Gus Yahya juga menyebut bahwa Konbes 2024 ini berhasil menelurkan Perkum mengenai Fasilitas Kesehatan NU. Perkum ini, menurutnya, merupakan upaya NU dalam meningkatkan khidmah melayani masyarakat.


"Kita juga menyelesaikan komponen strategis untuk meningkatkan kinerja khidmah ijtima'iyah kita, khususnya di bidang kesehatan terkait dengan fasilitas kesehatan yang ada dalam Perkum NU," katanya.


Perkum baru lain yang berhasil diselesaikan dalam Konbes NU 2024 ini adalah Perkum tentang Pembahasan dan Penetapan Hukum atas Masalah Keagamaan dan Kemasyarakatan.


"Ini fenomenal sekali karena ini terkait dengan apa yang pada saat pembukaan kemarin saya sampaikan bahwa NU ini didirikan dengan visi membangun hukumah diniyah (otoritas keagamaan), tidak asal menawarkan panduan keagamaan untuk umat saja, tetapi menjadi hukumah diniyah," katanya.


Perwarta: Khoirul Rizky At-Tamami
Editor: Haekal Attar


Jakarta Raya Terbaru