• logo nu online
Home Warta Nasional Jakarta Raya Dari Betawi Keislaman Sejarah Opini Literatur Obituari
Jumat, 19 April 2024

Jakarta Raya

Jelang Ramadhan 1445 H, PWNU Jakarta akan Gelar Sejumlah Kegiatan Sosial Keagamaan 

Jelang Ramadhan 1445 H, PWNU Jakarta akan Gelar Sejumlah Kegiatan Sosial Keagamaan 
Ketua PWNU DKI Jakarta KH Samsul Maarif menyampaikan sambutan dalam Rapat Pleno yang diadakan di Roemah Djan, Talang, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/2/2024) lalu. (Foto: NU Online Jakarta/Haekal Attar)
Ketua PWNU DKI Jakarta KH Samsul Maarif menyampaikan sambutan dalam Rapat Pleno yang diadakan di Roemah Djan, Talang, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/2/2024) lalu. (Foto: NU Online Jakarta/Haekal Attar)

Jakarta Pusat, NU Online Jakarta


Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta KH Samsul Ma'arif mengatakan bahwa akan menggelar sejumlah kegiatan berbentuk sosial keagamaan di berbagai lokasi strategis di DKI Jakarta. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memperingati bulan suci Ramadhan 1445 H. 


Kabar itu datang saat PWNU DKI Jakarta mengadakan Rapat Pleno Sosialisasi Hasil Konferensi Besar Pengurus Besar (PBNU) 2024 di Roemah Djan, Talang, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/2/2024) lalu. 


Kiai Samsul meminta untuk seluruh pengurus NU diberbagai tingkatan agar melaksanakan kegiatan ibadah dengan baik dan mempersiapkan diri untuk berbagai kegiatan. Kiai Samsul menyebutkan bahwa kegiatan itu diantaranya Safari Ramadhan di tujuh titik yaitu yang diadakan langsung oleh PWNU DKI Jakarta dan enam Pengurus Cabang (PCNU) se-DKI Jakarta, termasuk PCNU Kepulauan Seribu.


"Kemudian kita akan melaksanakan shalat tarawih dan tadarus di kantor PWNU Utan Kayu, Matraman, Jakarta Timur dan PWNU II di Tb Simatupang, Jakarta Selatan. Selanjutnya menggerakkan, menghimpun, dan menyalurkan LAZISNU (Zakat Fitrah dan Zakat Mal) " katanya saat sambutan.


Selanjutnya, Kiai Samsul juga meminta untuk mengirimkan pendakwah NU ke masjid atau mushola baik di instansi dan masyarakat untuk melakukan dakwah Islam Ahlusunnah wal Jama'ah diseluruh kalangan lapiran masyarakat Jakarta.


"Di malam ketujuh belas nanti, PWNU DKI Jakarta juga akan menyelenggarakan peringatan Nuzulul Qur’an (Turunnya Al-Qur'an)," jelasn Kiai Samsul.


Terkait gerakan sosial, Kiai Samsul juga meminta untuk menghimpun dan menyalurkan berbuka dan takjil gratis bagi masyarakat maupun pengguna jalan sekitar.


Lebih jauh, terkait situasi politik terkini, Kiai Samsul juga menyatakan agar semua pihak menyudahi kegaduhan politik. Hal itu bertujuan agar masyarakat DKI Jakarta menjelang Ramadhan ini bisa lebih kondusif dan khusyu’ dalam menjalankan ibadah.


"Apabila ada kecurangan serahkan kepada tim hukum masing-masing paslon (Pasangan calon) ataupun partai untuk menempuh jalur hukum tanpa melibatkan massa akar rumput," terangnya.

 

Terkait Implementasi Hasil Konbes NU tahun 2024, PWNU DKI Jakarta akan membentuk Tim Verifikasi dan observasi untuk MWC NU se DKI Jakarta dan akan melaksanakan verifikasi pada bulan Mei 2024. Hal ini sekaligus mengecek persiapan PCNU yang akan menyelenggarakan Konferensi Cabang (Konfercab) pada tahun 2024-2025 ini. Untuk mengefektifkan kegiatan ini, PWNU akan mengevaluasi dan merubah susunan Koordinator Wilayah (Korwil) masing-masing cabang agar bisa lebih efektif dan efisien.


Sementara terkait Implementasi Program kerja Hasil Muskerwil tahun 2023, PWNU akan membentuk Tim pelaksana dari masing-masing program kerja yang dipimpin oleh Koordinator Bidang (Korbid). 

 

“PWNU akan mengevaluasi dan merubah susunan Koordinator Bidang (Korbid) agar program kerja bisa lebih efektif dan efisien,” pungkasnya.

 

Penulis: Haekal Attar
Editor: Khoirul Rizqy At-Tamami


Jakarta Raya Terbaru