• logo nu online
Home Warta Nasional Jakarta Raya Dari Betawi Keislaman Sejarah Opini Literatur Obituari
Jumat, 21 Juni 2024

Jakarta Raya

LFNU DKI Jakarta Gelar Program Falakiyah Goes to Pesantren

LFNU DKI Jakarta Gelar Program Falakiyah Goes to Pesantren
LFNU DKI Jakarta gelar Rukyatul Hilal dalam program Falakiyah Goes to Pesantren di Pondok Pesantren Al-Falah, Kebon Jeruk, Jakarta Barat pada Selasa, (21/2/2023). (Foto: Istimewa)
LFNU DKI Jakarta gelar Rukyatul Hilal dalam program Falakiyah Goes to Pesantren di Pondok Pesantren Al-Falah, Kebon Jeruk, Jakarta Barat pada Selasa, (21/2/2023). (Foto: Istimewa)

Jakarta Barat, NU Online Jakarta
Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) DKI Jakarta menggelar program 'Falakiyah Goes to Pesantren' di Pondok Pesantren Al-Falah, Kebon Jeruk, Jakarta Barat pada Selasa, (21/2/2023). Kegiatan ini adalah hari kedua setelah dilakukan pemantauan hilal (Rukyatul Hilal) oleh pengurus internal LFNU DKI Jakarta satu hari sebelumnya. 


Pengasuh Pondok Pesantren Al-Falah Ustadz Saiful mengatakan program ini bertujuan untuk mengenalkan para santri terkait ilmu falak, mulai dari alat falakiyah hingga praktik rukyat yang merupakan fokus materi dalam pertemuan kali ini. Menurutnya, ilmu falak adalah cabang ilmu keislaman yang penting dipelajari bagi kalangan santri sebagai sarana ibadah. 


"Termasuk Ilmu langka adalah Ilmu Falak, kalian sebagai santri harus bisa mencontoh dan menjadi pewaris tokoh-tokoh Falakiyah dari Jakarta, seperti Guru Manshur, Guru Madjid, Guru Marzuki dan Habib Usman atau yang lainnya. Selain ahli fikih, beliau-beliau juga ahli falak, Ilmu ini sangat penting karena keterkaitannya dengan ibadah,” katanya.


Sementara itu, Ketua LFNU DKI Jakarta KH Abdul Kholik menuturkan program tersebut akan terus dilaksanakan di seluruh Pondok Pesantren yang ada di Jakarta. 


"Selain program falakiyah yang bersifat pelatihan untuk umum, kedepan kita galakan program-program yang bersifat pengkaderan yang berpusat di pondok-pondok pesantren di Jakarta. Karena santri adalah aset para ulama, dan ulama adalah aset para anbiya, apalagi ini ilmu yang mulai langka yang harus dijaga," tuturnya.
 

Sebagai informasi, selain dari LFNU DKI Jakarta, kegiatan ini juga dihadiri oleh LFNU Jakarta Barat. Sehari, sebelumnya, LFNU DKI Jakarta mempraktekkan metode Rukyatul Hilal yang disaksikan para pengurus NU dan santri Pesantren Al-Falah guna mengetahui awal Sya'ban 1444 H.
 

Dari hasil pantauan di lokasi, Hilal tidak terlihat akibat cuaca buruk yang menyelimuti langit Jakarta. Sehingga bulan Rajab diistikmalkan (digenapkan) menjadi 30 hari. 

 

Oleh karena itu, LFNU DKI Jakarta mengikhbarkan bahwa 1 Sya'ban 1444 H jatuh pada hari Rabu Wage 22 Februari 2023, senada dengan surat pengumuman Lembaga Falakiyah PBNU dengan nomor 012/LF–PBNU/II/2023.


Kontributor : Ikhwanoe
Editor: Khoirul Rizqy At-Tamami
 


Jakarta Raya Terbaru