• logo nu online
Home Warta Nasional Jakarta Raya Dari Betawi Keislaman Sejarah Opini Literatur Obituari
Jumat, 21 Juni 2024

Jakarta Raya

Resmi Dilantik, PMII Komfaksyahum Komitmen Bawa Transformasi Gerakan

Resmi Dilantik, PMII Komfaksyahum Komitmen Bawa Transformasi Gerakan
Pelantikan Pengurus PMII Komfaksyahum UIN Jakarta masa khidmah 2024-2025. (Foto: Istimewa)
Pelantikan Pengurus PMII Komfaksyahum UIN Jakarta masa khidmah 2024-2025. (Foto: Istimewa)

Tangerang Selatan, NU Online Jakarta

Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Fakultas Syariah dan Hukum (Komfaksyahum) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta masa khidmah 2024-2025 resmi dilantik pada Sabtu (18/05/2024). Pelantikan berlangsung di Gedung Padepokan Aswaja, Jalan Tarumanegara, Pisangan, Ciputat Timur, Tangerang Selatan,

 

Prosesi pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua Pengurus Cabang (PC) PMII Ciputat, Khairul Umam dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Nomor: 053.PC-XLIX.V-03.01.033.A-1.05.2024 tentang Susunan Pengurus PMII Komfaksyahum UIN Jakarta 2024-2025.

 

"Dengan ini (pelantikan) kalian sah menjadi Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia 2024-2025", kata Umam. 

 

Ketua PMII Komfaksyahum, Muhammad Syarif Kusumojati berkomitmen, kepengurusannya membawa agenda besar tentang transformasi gerakan progresif sebagai paradigma pergerakan. PMII Komfaksyahum akan diarahkan sebagai wadah pergerakan pembentukan tradisi intelektualisme yang kuat dan persemaian ide-ide kritis para kader.

 

Pihaknya juga telah merumuskan desain kurikulum wawasan pergerakan dan percepatan kaderisasi. Di samping itu, penguatan peran lembaga semi otonom juga dilakukan sebagai wadah pengembangan kader PMII. 

 

"Kerja-kerja pengurus akan kita arahkan ke sana," tegas Syarif dalam sambutannya. 

 

Secara kuantitas, kata dia, PMII Komfaksyahum mengalami kaderisasi yang signifikan. Dalam dua tahun belakangan, PMII Komfaksyahum berhasil menjadi komisariat yang melaksanakan masa penerimaan anggota baru (Mapaba) dengan jumlah kepesertaan terbanyak di Cabang Ciputat. Jumlahnya menyentuh 400-500 peserta dalam setiap kali Mapaba.

 

"Ini tentu menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi kepengurusan kami ke depan, secara sisi kuantitas kita harus pertahankan, di sisi yang lain komisariat juga harus mampu melakukan pemberdavaan kualitas kader-kader yang ada," tandasnya.

 

Sebagai informasi, pelantikan dihadiri langsung oleh tokoh dan jajaran senior PMII Komfaksyahum di antaranya, Rektor UIN Jakarta Prof Asep Saepudin Jahar, Mantan Hakim MK Dr Wahiduddin Adams, Staf Wapres RI Prof Masykuri Abdillah, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Prof Muhammad Maksum, Mantan Dubes RI Gatot Abdullah Mansyur, Katib Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Nurul Yaqin, dan Ketua KPU Provinsi Banten Mohammad Ihsan.

 

Editor: Khoirul Rizqy At-Tamami


Jakarta Raya Terbaru