• logo nu online
Home Warta Nasional Jakarta Raya Dari Betawi Keislaman Sejarah Opini Literatur Obituari
Selasa, 28 Mei 2024

Jakarta Raya

Sambung Silaturahmi, MUI Jakarta Kunjungi Kantor MUI Yogyakarta

Sambung Silaturahmi, MUI Jakarta Kunjungi Kantor MUI Yogyakarta
Penyerahan cinderamata dari Ketua Umum MUI Yogyakarta KH Machasin kepada Sekretaris Umum MUI DKI Jakarta KH Auza'i Mahfudz ke kantor MUI Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta, Komplek Masjid Diponogoro, Yogyakarta pada Jumat (3/5/2024) siang. 
Penyerahan cinderamata dari Ketua Umum MUI Yogyakarta KH Machasin kepada Sekretaris Umum MUI DKI Jakarta KH Auza'i Mahfudz ke kantor MUI Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta, Komplek Masjid Diponogoro, Yogyakarta pada Jumat (3/5/2024) siang. 

Yogyakarta, NU Online Jakarta


Dalam upaya menyambung tali silaturahmi antar Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI), MUI DKI Jakarta melakukan kunjungan ke kantor MUI Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta, Komplek Masjid Diponogoro, Yogyakarta pada Jumat (3/5/2024) siang. 


Rombongan yang dipimpin oleh Sekretaris Umum MUI DKI Jakarta KH Auza'i Mahfudz itu tiba di kantor MUI DI Yogyakarta pukul 13.30 WIB, kedatangan merekapun disambut langsung Ketua Umum MUI Yogyakarta KH Machasin dan pengurus lainnya.


Kiai Machasin menyambut rombongan dari MUI DKI Jakarta dengan ucapan selamat datang, sambil menginformasikan candaan bahwa MUI DI Yogyakarta sering disebut MUI kaki lima karena wilayahnya yang terdiri dari empat kabupaten dan satu kota.


Ahlan wa sahlan bi hudhurikum (selamat datang atas kedatangannya). MUI Yogyakarta ini dikenal dengan MUI kaki lima, karena wilayah kita kecil, hanya ada 5 wilayah, yaitu 4 kabupaten dan 1 kota“, kata guru besar UIN Yogyakarta tersebut dan disambut tawa peserta yang hadir.


Selanjutnya, Kiai Machasin sedikit mengulik sejarah MUI di DI Yogyakarta yang baru berdiri pada tahun 1980-an. “Sejak tahun 80-an hingga saat ini, baru ada 4 ketua umum“, katanya.


Kiai Machasin juga mengungkapkan ikatannya dengan kota Jakarta karena pernah tinggal di sana. “Saya pernah jadi warga Jakarta, di daerah Jakarta Pusat, di Rawasari“, jelasnya.


Sementara itu, Sekretaris Umum MUI DKI Jakarta KH Auza'i Mahfudz menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat dari pengurus MUI DI Yogyakarta, sambil menyampaikan salam dari Ketua Umum MUI DKI Jakarta KH Muhammad Faiz kepada seluruh pengurus MUI DI Yogyakarta.


“Pada kesempatan kali ini, kami mengucapkan terima kasih atas sambutan yang hangat ini. Salam dari ketua umum kami Kiai Faiz. Kami pengurus baru, MUSDA tahun 2023 lalu, tapi baru dilantik kemarin oleh Ketua Umum KH Anwar Iskandar," ujarnya.


Di samping itu, Kiai Auza'i menjelaskan bahwa tujuan rombongannya datang ke Yogyakarta adalah untuk belajar atau istifadah berbagai persoalan terkait keumatan dari kota pelajar tersebut.


“Kami datang kesini ingin belajar dari DIY bagaimana mengelola konflik, karena di sini minim konflik bernuansa agama. Barangkali kita juga bisa mengadopsi fatwa-fatwa yang belum pernah dibahas di Jakarta sana,“ jelasnya.


Dari acara studi banding ini, Kiai Auza'i berharap banyak ilmu yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh dari wilayah yang dikenal dengan kota gudeg tersebut.


“Semoga studi banding atau istifadah ilmu ini, barangkali ada yang bisa kita jadikan oleh-oleh, ya minimal gudeknya“, tutup Kiai Auza'i.


Acara dilanjutkan dengan diskusi tentang sosial-keumatan, keagamaan, keorganisasian, dan relasi MUI dengan pemerintah.


Penulis: Wiwit Musaadah
Editor: Haekal Attar


Jakarta Raya Terbaru