Nasional

Pelayanan Haji Hadapi Tantangan Administrasi dan Distribusi Jamaah

Senin, 12 Mei 2025 | 19:23 WIB

Pelayanan Haji Hadapi Tantangan Administrasi dan Distribusi Jamaah

Ilustrasi: sejumlah jamaah haji Indonesia dari Batam di Terminal Bus Syib Amir Makkah usai melaksanakan umrah wajib pada Ahad (11/5/2025). (Foto: NU Online/Patoni)

Makkah, NU Online Jakarta

 

Kompleksitas pelayanan haji tahun ini semakin terasa dengan munculnya sejumlah permasalahan administratif yang menghambat kenyamanan jamaah. Keterlambatan penerbitan kartu Nusuk dan penyebaran jamaah di berbagai kloter menjadi sorotan utama dalam pelaksanaan ibadah haji kali ini.

 

"Sebenarnya ketentuannya itu dia harus diserahkan kepada jamaah 1x24 jam sejak ketibaan jamaah di Arab Saudi. Namun dalam praktiknya di lapangan ada banyak kendala," kata Direktur Layanan Haji Luar Negeri Kemenag Muchlis Hanafi.

 

Kementerian Agama telah menjalin kerja sama dengan delapan syarikah untuk melayani jamaah haji. Penerbitan kartu Nusuk merupakan tanggung jawab syarikah, yang telah menyiapkan sejumlah antisipasi terkait keterlambatan terbitnya kartu.

 

"Ada sejumlah kendala sehingga sampai masuk ke Makkah ada jamaah yang belum mendapat Nusuknya dan ini tanggung jawab syarikah. Backup-nya syarikah memberikan kartu identitas juga," ujarnya pada Senin (12/5/2025).

Baca selengkapnya disini.Â