• logo nu online
Home Warta Nasional Jakarta Raya Dari Betawi Keislaman Sejarah Opini Literatur Obituari
Jumat, 21 Juni 2024

Jakarta Raya

RAMADHAN

Jelang Ramadhan 1444 H, Lembaga Falakiyah NU DKI Gelar Pelatihan Hisab Rukyat

Jelang Ramadhan 1444 H, Lembaga Falakiyah NU DKI Gelar Pelatihan Hisab Rukyat
Konjungsi akhir Sya’ban terjadi pada hari rabu pahing pukul 00:24 WIB tanggal 22 maret 2023. (Foto: LF PWNU DKI Jakarta/ NU Online).
Konjungsi akhir Sya’ban terjadi pada hari rabu pahing pukul 00:24 WIB tanggal 22 maret 2023. (Foto: LF PWNU DKI Jakarta/ NU Online).

Jakarta, NU Online Jakarta

Lembaga Falakiyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (LF PWNU) DKI Jakarta bersama Pengurus Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari akan mengadakan pelatihan Hisab Rukyat sebelum pelaksanaan rukyatul hilal Ramadhan 1444 H, di Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari, Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (22/3/2023).


"Sebelum melakukan pantauan hilal, terlebih dahulu diadakan pelatihan Hisab dan Rukyatul Hilal yang diselenggarakan oleh DKM Masjid Raya KH. Hasyim Asy’ari bekerja sama dengan Lembaga Falakiyah PWNU DKI Jakarta yang dimulai pagi hingga menjelang sore," kata Ketua LF PWNU DKI Jakarta H Abdul Kholik saat di wawancarai NU Online Jakarta, Minggu (19/3/2023).


Selepas pelatihan, Abdul Kholik menerangkan bahwa LF PWNU DKI Jakarta sebagai lembaga yang keterkaitan dengan Hisab dan Rukyat akan melakukan pantauan bulan sabit muda menjelang awal Ramadhan 1444 H.


"Lalu dilanjut dengan paparan hilal menjelang awal Ramadhan 1444 H oleh pengurus LF PWNU DKI Jakarta," sambungnya. 


Kholik menyampaikan acara Rukyatul Hilal di Masjid KH Hasyim Asy'ari nanti akan dihadiri oleh berbagai macam kalangan masyarakat.


"Selain para pengurus LF PWNU DKI Jakarta, dalam pelaksanaan Rukyat Hilal akan dihadiri dari unsur Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta, Kemenag kota Jakarta Barat, MUI, DMI, Da’i Kamtibmas, PCNU Jakarta Barat, MWC NU dan KUA Kecamatan Cengkareng, serta paara pengurus Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari dan Alumni peserta pelatihan Hisab Rukyat LF PWNU DKI Jakarta." Ungkapnya. 


Lebih lanjut, Kholik menyebutkan setiap bulannya LF PWNU DKI Jakarta melakukan pantuan hilal, hasilnya akan dilaporkan ke LF Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) sebagai bahan masukan untuk menentukan tanggal satu disetiap Bulan Hijriah.


"Khususnya untuk menetapkan awal bulan Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah yang selanjutnya akan disampaikan pada forum sidang Isbat yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama RI," terangnya.


Lebih dalam, Kholik menyampaikan hasil perhitungan LF PWNU DKI Jakarta. Konjungsi akhir Sya’ban terjadi pada hari rabu pahing pukul 00:24 WIB tanggal 22 maret 2023, dengan koordinat rukyat -06°09’32’’ lintang selatan, 106°42’56 bujur timur, elevasi 20 Mdpl, Matahari terbenam pukul 18:04 WIB pada azimut 270°31’.

 
"Sedangkan tinggi hilal toposentris 07°36’, elongasi geosentris 10°05’, azimut hilal 273°39’ dan cahayanya 0.78 persen yang miring ke arah kiri terlihat dari pengamat, hilal akan terbenam pukul 18:38 WIB, artinya hilal berada diatas ufuk selama 34 menit," pungkasnya.


Kontributor : Ikhwanoe
Editor: Haekal Attar


Jakarta Raya Terbaru