• logo nu online
Home Warta Nasional Jakarta Raya Dari Betawi Keislaman Sejarah Opini Literatur Obituari
Kamis, 29 Februari 2024

Jakarta Raya

Kopri PC PMII Ciputat Gelar National Youth Forum 2023 di Harlah ke-56

Kopri PC PMII Ciputat Gelar National Youth Forum 2023 di Harlah ke-56
National Youth Forum 2023 dari rangkaian Harlah Korpri ke-56 oleh Kopri PC PMII Ciputat. (Foto: Istimewa).
National Youth Forum 2023 dari rangkaian Harlah Korpri ke-56 oleh Kopri PC PMII Ciputat. (Foto: Istimewa).

Tangerang Selatan, NU Online Jakarta


Korps Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Putri (Kopri) Pengurus Cabang (PC) Ciputat menggelar National Youth Forum 2023 dengan tema 'Economic Innovation and Youth Transformation Leadership' di Gedung Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Nasional Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Ciputat, Tangerang Selatan, Kamis (23/11/2023) lalu.


Diskusi nasional itu digelar sebagai bagian dari rangkaian Harlah Korpri ke-56 yang akan berlangsung pada 25 November 2023. Ketua Kopri PC PMII Ciputat Rahfani Nurhidayati berharap pada tahun 2024 nanti akan lahir pemimpin yang mampu bertransformasi membawa Indonesia lebih maju dan lebih kuat.


"Pemimpin yang lahir nanti diharapkan mampu menghapuskan segala bentuk diskriminasi dan kekerasan terhadap perempuan. Pemimpin yang akan memandang perempuan menjadi manusia seutuhnya dan memberdayakan setiap perempuan disegala sektor kehidupan," katanya dalam sambutan.


Selain itu, Rahfani mengungkapkan bahwa forum yang diadakan oleh Kopri Ciputat memiliki tujuan untuk menanggapi tantangan bersama, terutama dalam konteks inovasi ekonomi dan pemberdayaan generasi muda di berbagai sektor. 


"Kopri Ciputat berkomitmen untuk tetap menjadi garda terdepan dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045, dengan terus menghasilkan pemikiran dari kalangan perempuan, menciptakan kader-kader unggul, dan melahirkan pemimpin-pemimpin yang akan membawa kemajuan bagi bangsa Indonesia," tegasnya.


Salah satu narasumber Salsabila Syaira mengungkapkan pandangan bahwa segmen perempuan sebenarnya memiliki potensi besar untuk mendukung perekonomian bangsa. Namun, disayangkan, saat ini tidak terlihat adanya iklim kekuasaan yang memberikan perhatian serius terhadap pentingnya representasi perempuan di berbagai aspek kehidupan.


Salsabila juga menekankan bahwa hanya melalui gerakan sosiallah perubahan dapat terwujud, dan ia mengajak generasi muda untuk selalu siap berjuang dan progresif dalam ranahnya masing-masing. "Social movement yang akan membawa perubahan dan mengajak anak muda agar selalu siap bertarung dan progresif di ranahnya masing-masing," tegasnya.


Forum ini mempertemukan berbagai pembicara kunci, termasuk keynote speech dari Wakil Menteri Perdagangan RI Dr Jerry Sambuaga, Rektor UIN Jakarta Prof Asep Saepudin Jahar, Sekretaris Jenderal PB PMII Muhammad Rafsanjani,  CEO Pesantren Development Romzi Ahmad, Koordinator Nasional JPPR Nurlia Dian Paramita, dan Aktivis Perempuan Salsabila Syaira.


Kontributor: Anis Fazirotul Muhtar 
Editor: Haekal Attar


Jakarta Raya Terbaru