• logo nu online
Home Warta Nasional Jakarta Raya Dari Betawi Keislaman Sejarah Opini Literatur Obituari
Jumat, 19 April 2024

Jakarta Raya

Sambut Ramadhan 1445 H, LDNU Jakarta Gelar Sejumlah Kegiatan Keumatan

Sambut Ramadhan 1445 H, LDNU Jakarta Gelar Sejumlah Kegiatan Keumatan
Kegaiatan Teras Dakwah Ramadhan 1445 H yang diselengarakan LD PWNU DKI Jakarta di Aula Lantai 1, Kantor PWNU DKI Jakarta, Rabu (13/3/2024). (Foto: Dok. Humas PWNU DKI Jakarta)
Kegaiatan Teras Dakwah Ramadhan 1445 H yang diselengarakan LD PWNU DKI Jakarta di Aula Lantai 1, Kantor PWNU DKI Jakarta, Rabu (13/3/2024). (Foto: Dok. Humas PWNU DKI Jakarta)

Jakarta Pusat, NU Online Jakarta

Menyambut Ramadhan 1445 H, Lembaga Dakwah Pengurus Wilayah Nahdhlatul Ulama (LD PWNU) DKI Jakarta menggelar beragam kegiatan berkonsep keumatan. Ketua Syiar LD PWNU DKI Jakarta Khadijah menyatakan, program yang telah dijalankan sudah dipersiapkan sedemikian rupa.


"Kesiapan kegiatan ini sudah mencapai 80 persen. Dalam kegiatan tersebut mempunyai konsep dan penanggung jawab masing-masing," kata Khadijah di Jakarta.


Terkait ragam kegiatan, Ketua LD PWNU DKI Jakarta KH Masrukhin Abdul Majid menjelaskan bahwa seluruh kegiatan yang bertemakan 'Ramadhan Berkah' dibagi menjadi dua program kegiatan, yaitu rutin dan tidak rutin  


"Kegiatan rutinan seperti berbagi takjil di sekitar kantor PWNU DKI Jakarta, Shalat Tarawih bersama dan kegiatan Teras Dakwah dimulai pada hari Selasa, 12 maret 2024," jelas Kiai Masrukhi.


Lebih lanjut, Kiai Masrukhi mengemukakan bahwa kegiatan tidak rutin memiliki lima program yaitu; Pertama, pelatihan retorikan akan diadakan selama dua hari dengan sistem pelatihan. Kegiatan tersebut nantinya akan selenggarakan di Aula Lantai 1, Kantor PWNU DKI Jakarta.


"Kedua, akan di selenggarakan kegiatan acara Nuzulul Qur'an pada malam 17 Ramadhan yang akan di selenggarakan di Aula PWNU DKI Jakarta. Ketiga, kegiatan Ramadhan Berkah LDNU DKI Jakarta dengan konsep kegiatan goes to school ke 3 kampus dan SMA di wilayah DKI Jakarta," jelasnya.


"Keempat, Ramadhan Berkah akan menyelenggarakan kegiatan Pesantren Ramadhan dengan mengkhatamkan Kitab bersama. Kelima, penutup kegiatan Ramadhan Berkah akan dilaksanakan dengan kegiatan Santunan anak yatim. Kegiatan ini akan berlangsung hingga menjelang akhir Ramadhan," sambungnya.


Jauh sebelum itu, Ketua PWNU DKI Jakarta KH Samsul Ma'arif mengatakan bahwa akan menggelar sejumlah kegiatan berbentuk sosial keagamaan di berbagai lokasi strategis di DKI Jakarta. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memperingati bulan suci Ramadhan 1445 H. 


Kiai Samsul meminta untuk seluruh pengurus NU diberbagai tingkatan agar melaksanakan kegiatan ibadah dengan baik dan mempersiapkan diri untuk berbagai kegiatan. Kiai Samsul menyebutkan bahwa kegiatan itu diantaranya Safari Ramadhan di tujuh titik yaitu yang diadakan langsung oleh PWNU DKI Jakarta dan enam Pengurus Cabang (PCNU) se-DKI Jakarta, termasuk PCNU Kepulauan Seribu.


"Kemudian kita akan melaksanakan shalat tarawih dan tadarus di kantor PWNU Utan Kayu, Matraman, Jakarta Timur dan PWNU II di Tb Simatupang, Jakarta Selatan. Selanjutnya menggerakkan, menghimpun, dan menyalurkan LAZISNU (Zakat Fitrah dan Zakat Mal) " terangnya.


Pewarta: Nyimas Zulva Lisami
Editor: Haekal Attar
 


Jakarta Raya Terbaru