Literatur

Pendekatan Sistem dan Kontingensi Manajemen dalam Perspektif Islam (3): Implikasi untuk Pendidikan

Senin, 11 November 2024 | 11:00 WIB

Pendekatan Sistem dan Kontingensi Manajemen dalam Perspektif Islam (3): Implikasi untuk Pendidikan

Ilustrasi Manajemen Pendidikan. (Foto: Freepik)

Manajemen pendidikan Islam mengedepankan peran penting nilai-nilai Islam dalam membentuk karakter, etika, dan kualitas pendidikan. Berikut adalah beberapa implikasi:

 

A. Implikasi Pendekatan Sistem


1. Integrasi Komponen Pendidikan


Pendekatan sistem menekankan pentingnya sinergi antara kurikulum, pengajaran, dan evaluasi. Dalam pendidikan Islam, ini berarti mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam setiap aspek pendidikan. Misalnya, kurikulum yang tidak hanya berfokus pada ilmu pengetahuan, tetapi juga membekali siswa dengan akhlak dan nilai-nilai Islami. 

 

Dengan menciptakan lingkungan pendidikan yang holistik, siswa dapat berkembang secara menyeluruh, baik secara akademis maupun spiritual.


Contohnya, Menggunakan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) yang disertai dengan pelajaran etika dan moral dari perspektif Islam, sehingga siswa tidak hanya menjadi cerdas secara akademis, tetapi juga berkarakter.


2. Peningkatan Kualitas Layanan


Dalam menerapkan pendekatan sistem, fokus utama adalah pada peningkatan kualitas layanan pendidikan. Ini mencakup pengembangan kebijakan yang berbasis pada hasil yang jelas, serta penerapan sistem pemantauan dan evaluasi yang berkelanjutan. 


Melalui ini, manajemen pendidikan Islam dapat memastikan bahwa pendidikan yang diberikan sesuai dengan tuntutan syariah dan relevan dengan kebutuhan masyarakat.

 

Contohnya, Melakukan evaluasi berkala terhadap kurikulum dan metode pengajaran untuk memastikan bahwa keduanya memenuhi standar pendidikan yang diharapkan dan relevan dengan konteks lokal.


3. Adaptasi Terhadap Perubahan


Pendidikan Islam harus mampu beradaptasi dengan perubahan sosial dan perkembangan teknologi. Pendekatan sistem memberikan kerangka untuk mengimplementasikan teknologi baru dalam pembelajaran tanpa mengabaikan nilai-nilai Islam. 

 

Dengan cara ini, pendidikan Islam dapat tetap relevan dan menarik bagi generasi muda.


Contohnya, Menerapkan pembelajaran daring yang mengintegrasikan platform teknologi dengan materi pendidikan Islam, sehingga siswa tetap terhubung dengan ajaran agama dalam bentuk yang modern.


B. Implikasi Pendekatan Kontingensi


1. Fleksibilitas dalam Manajemen


Pendekatan kontingensi menunjukkan bahwa tidak ada satu model manajemen yang universal. Dalam konteks pendidikan Islam, manajer harus mampu menyesuaikan strategi berdasarkan konteks yang berbeda, seperti karakteristik siswa dan lingkungan sosial. 

 

Hal ini penting untuk menjaga relevansi pendidikan dan mencapai hasil yang optimal.


Contohnya, Mengadaptasi metode pengajaran untuk siswa dari latar belakang yang berbeda, seperti menggunakan pendekatan yang lebih kontekstual dan berbasis komunitas.


2. Pengambilan Keputusan yang Berbasis Konteks


Pengambilan keputusan yang mempertimbangkan konteks lokal dan kebutuhan masyarakat adalah kunci dalam pendekatan kontingensi. Dalam pendidikan Islam, hal ini termasuk memperhatikan budaya setempat dan nilai-nilai komunitas ketika membuat kebijakan pendidikan.


Contohnya, Mengembangkan program pendidikan yang sesuai dengan tradisi dan kebutuhan masyarakat, seperti program pendidikan berbasis masyarakat yang melibatkan orang tua dan tokoh agama.

 

3. Pengembangan Kepemimpinan yang Adaptif

 

Pemimpin pendidikan Islam perlu memiliki kemampuan untuk mengevaluasi situasi dan menyesuaikan pendekatan mereka. Pendekatan kontingensi mendukung pengembangan gaya kepemimpinan yang responsif terhadap dinamika dan tantangan yang dihadapi, sehingga pendidikan dapat terus berkembang.


Contohnya, Melatih pemimpin pendidikan untuk menjadi lebih responsif terhadap umpan balik dari guru dan siswa, serta menerapkan perubahan berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan.

 

Pendekatan sistem dan kontingensi menawarkan pandangan manajerial yang saling melengkapi dalam pengelolaan organisasi. Pendekatan Sistem menekankan pentingnya sinergi antar elemen organisasi, sementara Pendekatan Kontingensi menekankan fleksibilitas dalam menyesuaikan keputusan berdasarkan situasi tertentu. 


Dalam perspektif Islam, kedua pendekatan ini dapat diperkuat dengan nilai-nilai seperti musyawarah, keadilan, dan amanah, yang memberikan landasan etis dalam pengambilan keputusan. 


Integrasi antara pendekatan manajemen modern dan nilai-nilai Islami ini diharapkan dapat menciptakan organisasi yang lebih adaptif, efisien, dan beretika, yang mampu menghadapi tantangan dinamis tanpa mengorbankan prinsip moral dan kesejahteraan bersama.

 

Achmad, Mahasiswa Doktoral Universitas PTIQ Jakarta