• logo nu online
Home Warta Nasional Jakarta Raya Dari Betawi Keislaman Sejarah Opini Literatur Obituari
Selasa, 28 Mei 2024

Jakarta Raya

Sejumlah Tokoh Direncakan Hadir Saat Muhasabah Akhir Tahun 2023 PWNU DKI Jakarta

Sejumlah Tokoh Direncakan Hadir Saat Muhasabah Akhir Tahun 2023 PWNU DKI Jakarta
(Foto: Dok. Panitia).
(Foto: Dok. Panitia).

Jakarta Timur, NU Online Jakarta


Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta tidak akan lama lagi akan menggelar Muhasabah Akhir Tahun 2023. Ketua Panitia KH Mulawarman Hanasse mengkonfrimasi bahwa acara tersebut direncakan akan mengundang sejumlah tokoh nasional dan pejabat Pemerintahan Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta diantaranya Ketua PWNU DKI Jakarta KH Samsul Ma'arif, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, hingga Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) KH Ma'ruf Amin.


"Selain dihadiri oleh pengurus NU dari tingkat provinsi sampai tingkat ranting se-DKI Jakarta dengan lembaga dan banom-nya (Badan otonom), di acara ini akan hadir para ulama, Wakil Presiden RI, Menteri Agama RI, tokoh nasional, Pj Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya," katanya dalam siaran pers.

Acara tersebut berlangsung di Lantai Utama Masjid Istiqlal Jalan Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Sabtu (30/12/2023) pagi. Kiai Mulawarman menjelaskan, tujuan utama dalam kegiatan tersebut adalah berupa doa untuk menyelenggarakan pemilihan umum (Pemilu) 2024 yang damai dan penuh kualitas. 


Lebih lanjut dirinya menegaskan, kegiatan itu bertujuan untuk ketenangan serta kualitas penyelenggaraan pemilu, dengan harapan bahwa masyarakat dapat menghadapi proses demokrasi dengan penuh keamanan, keadilan, dan integritas pada tahun 2024.


“Karenanya, untuk menjaga netralitas,  jamaah yang datang tidak diperbolehkan menggunakan properti partai atau bersifat kampanye. Jamaah juga dihimbau untuk membawa kantong plastik atau tas untuk menyimpan sendal. Dan bagi jamaah yang membawa anak kecil atau balita diharapkan menggunakan pampers,” jelasnya.


Rentetan Kegiatan Muhasabah Akhir Tahun 2023


KH Mulawarman Hannase mengimbau untuk para tamu undangan agar hadir di Masjid Istiqlal pada jam 6 pagi guna melakukan registrasi diberikan kepada jamaah agar dimungkinkan dimulainya acara tepat waktu.


“Kami menghimbau jamaah dapat hadir di Masjid Istiqlal jam 6 pagi untuk melakukan registrasi agar terhindar dari penumpukan antrian masuk ke ruang ibadah utama Masjid Istiqlal yang menjadi tempat utama kegiatan muhasabah ini dan agar acara dapat dimulai tepat waktu,” jelasnya.


Kegiatan Muhasabah Akhir Tahun 2023 PWNU DKI Jakarta mencakup doa bersama untuk Pemilu Damai dan Berkualitas 2024, diawali pada pukul 06.00 WIB dengan proses registrasi peserta. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan tahlil, Maulid Nabi SAW, dan istighotsah oleh Jam'iyyatul Qurra wal Huffazh (JQH NU). 


Sesudahnya, pukul 08:00-10:00 WIB akan dilakukan pembukaan, penyampaian sambutan, opening speech, serta penayangan Kaleidoskop PWNU DKI Jakarta. Acara ini juga menyajikan khutbah iftihah, Pengarahan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, Arahan Organisasi dari Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, Mauidzhoh Hasanah dari Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin.


Nampaknya, dalam Muhasabah Akhir Tahun 2023 dan Doa Bersama Pemilu Damai dan Berkualitas 2024 akan diadakan sebuah talk show ringan yang akan menghadirkan Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar, Wakil Rais Syuriyah PWNU DKI Jakarta KH Faiz Syukron Makmun, Katib Syuriyah PWNU DKI Jakarta KH Lukman Hakim Hamid, Sekretaris PWNU DKI Jakarta MH Bahauddin, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto, dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohammad Hasan. 


Pewarta: Haekal Attar
Editor Aru Elgete
 


Editor:

Jakarta Raya Terbaru